Form Biodata

Sabtu, 21 Januari 2012

Tiga Aliran Distro Linux

Siapakah root dari semua distro linux yang ada ?

Jika ditelusuri, ada 3 distro besar yang merupakan 'orang tua' dari ratusan distro linux yang ada. Ajaibnya ke-3 distro linux ini masih eksis dan berjaya hingga saat ini.

Bagi pengguna Windows, ketiga distro ini perlu dilihat jika tertarik untuk bermain-main di dunia linux.

Pertama Debian Linux. Ciri distro turunan dari Debian mempunyai akhiran paket .deb. Debian diklaim mempunyai komunitas pengguna terbesar di seluruh dunia. Terkenal sebagai distro yang matang dan stabil, Debian juga mempunyai banyak 'anak' dan 'cucu'. Turunan Debian yang berhasil dijagat komunitas dan support komersial adalah Ubuntu Linux.

Distro turunan : Ubuntu (dengan variannya), Knoppix, Mint, dan BlankON.

Kedua Slackware Linux. Distro ini diklaim sebagai distro tertua yang masih eksis hingga saat ini (hanya beda beberapa minggu dengan Debian Linux). Akhiran paket distro turunan Slackware adalah .tgz/.txz. Terkenal karena tinggal stabilitas yang ekstrim. Slackware seperti Debian adalah distro berbasis komunitas.

Distro turunan dari Slackware antara lain : SUSE, Vector, Salix, dan Zenwalk.

Ketiga adalah Redhat Linux. Distro beraliran .rpm ini menguasai pasar jagat server untuk enterprise. Banyak developer Redhat adalah juga developer Linux kernel. Distro turunan Redhat yang populer adalah CentOS, Mandriva, dan Fedora.

Yang menarik, CentOS merupakan kompilasi ulang dari Redhat tanpa label,propretiary software dan support komersial. Sedang Fedora dapat dikatakan Bleeding edge distro dengan teknologi terbaru dari developer Redhat.

Pemikiran :
---------------------
Ketiga distro di atas merupakan 'orang tua' yang perlu dikenal jika Anda ingin menggunakan dan mempelajari Linux lebih jauh. Beberapa konsep dan pemikiran ke-3 distro di atas umumnya akan menurun ke 'anak' dan 'cucu'.

Distro anak bangsa seperti BlankON Linux juga pantas dicermati lebih jauh.

Bagaimana suatu distro induk diadaptasi dengan baik sesuai kebutuhan (tidak sekedar mastering, tapi ada banyak keringat hasil pemikiran dan keseriusan).

sumber : https://www.facebook.com/notes/ssx-solus-system-x/tiga-aliran-distro-linux/333566753320156
from : Windycom Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar